Menjaga Kesehatan

Kesehatan adalah nikmat yang patut untuk kita syukuri dan kita hanya akan bisa merasakan nikmatnya sehat dikala kita sedang sakit. Ketika kita sakit meskipun hanya sedikit pastilah akan mengganggu pekerjaan kita. Kesehatan juga berarti kita memiliki energy dan keseiagaan untuk bekerja sehingga kesehatan perlu kita jaga semaksimal mungkin. Selain seha, seseorang juga perlu tampil baik dan rapi karena penampilan sangat berpengaruh dalam dunia kerja khususnya untuk memberikan kesan pertama.
Menjaga kesehatan
Ada banyak hal yang dapat kita lakukan dalam upaya menjaga kesehatan. Cobalah kita perhatikan pada hal-hal berikut :
Pola makan yang sehat
Bagaimana pola makanan yang sehat? Pola makanan yang sehat setidaknya mempunyai criteria-kriteria berikut :
a. Cukup nutrisi
Tubuh memerlukan nutrisi yang cukup untuk memiliki daya tahan tubuh yang baik. Makanalah sesuai pola 4 sehat 5 sempurna. Sebisa mungkin untuk menghindari makanan instan/siap saji dan yang mengandung pengawet, juahi asupan yang berkolestero, berkadar garam dan gula yang tinggi.
b. Higienis
Makanan adalah media yang paling sering membuat kita sakit, oleh karena itu pilihlah makanan yang diolah secara higienis. Jangan jadikan kondisi keuangan sebagai pembenaran untuk mengkonsumsi sembarang makanan.
c. Makan secara teratur
Sesibuk apapun, makan haruts tetap menjadi prioritas utama. Ketika kita akan memulai aktifitas pada pagi hari usahakan kita selalu makan pagi atau sarapan karena menurut ahi sarapan adalah makan yang paling penting untuk memenuhi kebutuhan tenaga untuk beraktivitas seharian.

Olah raga secara teratur
Olah raga mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan kita tetapi dalam berolah raga sebaiknya dilakukan secara teratur/kontinyu baik itu waktu untuk olah raga maupun porsi olah raga. Ada baiknya jika Anda mengikuti tips berikut agar dalam berolah raga merasa lebih enjoy dan menyenangkan..
a. Jenis olah raga sangatlah beragam, oleh karena itu pilihlah jenis olah raga yang dapat anda nikmati. Sesekali, variasikan jenisnya agar tidak membosankan
b. Jadikanlah olag raga sebagai rutinitas sehingga kita mempunyai jadwal waktu olah raga secara khusus.
c. Agar olah raga terasa lebih menyenangkan dan lebih bersemangat, cobalah berolah raga bersama teman-teman ataupun keluarga yang anda cintai.

Tidur berkualitas
Tidur mempunyai peran penting dalam menjaga stamina tubuh kita. Setelah tubuh melaksanakan aktivitas selama sehari dengan bermacam-macam pekerjaan baik secara fisik maupun psikis, tubuh kita memerlukan waktu rehat untuk mengembalikan kondisi tubuh siap menjalankan aktifitas kembali. Waktu rehat yang paling baik dapat kita peroleh ketika kita tidur. Akan tetapi apakah tidur yang kita lakukan sudah berkualitas? Bagaimana tidur yang berkualitas itu? Ada baiknya jika Anda menyimak tips berikut :
a. Hindari tertidur
Tertidur berbeda dengan tidur yang memang kita rencanakan. Jika tertidur biasanya kondisi kita belum ideal untuk tidur. Tidur di tempat tidur merupakan kondisi yang lebih baik dibandingkan tertidur di depan televise.
b. Punya jadwal tidur
Jadwal tidur yang relative tetap membuat ritme biologis tertentu dalam tubh kita. Hal ini juga dapat mengurangi penyakit susah tidur.
c. Posisi tidur
Posisi saat kita tidur mempunyai peran penting dalam mencapai tidur yang berkualitas. Usahakan ketika kita tidur dengan terlentang agar perdaran darah dalam tubuh kita berjalan dengan lancar.

Hindari stress
Stress merupakan beban psikis yang ditangguh oleh jiwa kita yang dapat disebabkan oleh beban tugas/tanggung jawab dan pikiran yang tidak kunjung selesai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: