Mengenal struktur bahasa pemrograman pascal

sebelum kita mempelajari lebih jauh tentang pemrograman pascal, alangkah lebih baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu struktur program pascal. hal ini sangat penting mengingat untuk dapat menulis program kita harus memahami komponen-komponen yang ada dalam sebuah program.

Dari contoh 1, dapat digambarkan struktur umum dari komponen program pascal :

Program………………; {pernyataan judul program}

Uses ……………………; {deklarasi uses}

Const ………………….; {deklarasi konstanta}

Var ………………………; {deklarasi variabel}

Procedure …………; {deklarasi prosedur}

Function …………….; {deklarasi fungsi}

Begin                                     {awal program utama}

Statement;         {pernyataan}

End. {akhir program utama}

Judul program menentukan nama program, pada contoh 1 judul programnya adalah belajarpascal dan judul program ini digunakan untuk memberikan identitas (identifier) dari program yang anda buat. Deklarasi uses menggambarkan unit/komponen yang digunakan oleh program, contoh : uses wincrt. Uses wincrt berarti program yang kita buat melibatkan komponen monitor yang nantinya digunakan untuk menampilkan hasil kompilasi program. Deklarasi const digunakan untuk deklarasi/pengenalan kepada program terhadap konstanta yang dilibatkan dalam pemrograman, deklarasi var digunakan untuk mengenalkan variable yang digunakan pada program.

Anda perhatikan pada struktur program diatas, untuk mengawali badan program (bagian utama program) selalu diawali dengan kata “begin “ sedangkan untuk menutup badan program diakhiri dengan kata “end.” . Pernyataan-pernyataan (statemen) program yang dijalankan oleh program pascal diletakkan antara begin dan end, oleh pascal yang statemen yang dijalankan hanya yang diletakkan antara begin dan end. Baris statemen setelah judul program dan sebelum begin hanya deklarasi/pengenalan komponen, variable oleh pascal kepada computer saja, dan baris ini tidak dieksekusi oleh pascal.

Komentar

Komentar dalam turbo pascal dituliskan dengan mengapitnya dengan kurung kurawal buka dan tutup ,   { }. Saat program dikompilasi, baris komentar akan dilewati atau diabaikan oleh kompilator. Komentar dalam program dighunakan untuk menjelaskan program, khususnya untuk pembaca program (manusia). Jika sebuah program dikomentari dengan baik, maka pembaca akan memahami dengan lebih cepat dan tepat. Baris komentar ini dapat menjelaskan tentang maksud/fungsi dari program yang dibuat, tanggal pembuatan program, nama pembuat program dan sebagainya. Pada contoh program diatas baris komentarnya adalah :

{program untuk menuliskan sebuah nama lembaga}

{dan alamatnya}

Komentar dapat diletakkan dimana saja pada ruang yang dipisah dengan spasi kosong. Selain dengan tanda kurung kurawal buka dan tutup, komentar dalam pascal juga dapat dituliskan dengan (* dan *).

Reserved word (kata-kata tercadang/kata kunci)

Reserved word adalah kata-kata yang sudah mempunyai arti khusus dalam bahasa pemrograman. Program pascal mempunyai 35 kata kunci, dan kata kunci ini tidak boleh anda gunakan untuk memberikan nama/identifier judul program, nama variable atau konstanta, nama fungsi dan procedure. Berikut adalah table reserved word pascal :

And Downto If Or Then
Array Else In Packed To
Begin End Label Procedure Type
Case File Mod Program Until
Const For Nil Record Var
Div Function Not Repeat While
Do Goto Of Set With
Asm Unit Uses Implementation

Identifier

Identifier adalah nama yang diberikan oleh programer. Pada program contoh 1, belajarpascal adalah sebuah identifier untuk menamai program. Identifier dapat diganti dengan mudah. Misal pada contoh 1 diatas nama program diganti menjadi selamatdatang, maka bagianProgram belajarpascal;Diganti denganProgram selamatdatang;Identifier tidak hanya untuk menamai program tetapi juga untuk objek-objek pascal yang lain, seperti variable dan konstanta. Pedoman penamaan dalam pascal adalah sebagai berikut :

  1. Karakter pertama nama (identifier) harus berupa huruf (tidak boleh dimulai dengan angka maupun karakter tanda baca).
  2. Karakter selanjutnya dapat gabungan  antara huruf dan angka
  3. Nama tidak berupa reserved word atau kata kunci dalam pascal.
  4. Untuk nama judul harus berbeda dengan deklarasi nama konstanta atau variable.

Nama dapat terdiri dari lebih dari satu kata, namun tidak boleh dipisahkan dengan spasi. Nama ‘belajar pascal’ tidak diperlukan karena mengandung spasi, sedangkan nama ‘belajarpascal’ atau ‘belajar_pascal’ diperbolehkan karena hanya mengandung huruf dan angka. Sedangkan nama ‘belajar-pascal’ dan ‘belajar&pascaltidak diperbolehkan karena mengandung tanda ‘-‘ dan ‘&’ yang tidak merupakan huruf dan angka.

Contoh identifier yang diperbolehkan :

Nama identifier Alasan
Jumlah,alamat Sata kata hanya dengan huruf saja
I, j, k Huruf
Hasil_kali, tulis_jumlah Lebih dari satu kata tetapi tidak dipisah dengan spasi
Ang99, if103 Tidak diawali dengan angka

Contoh identifier yang tidak diperbolehkan

Nama identifier Alas an
6jumlah, 7naga Dimulai dengan angka
i/6, j%, k$ Mengandung karakter selain huruf dan angka
H a s i l, tulis jumlah Mengandung spasi
Begin, do, while Sama dengan reserved word

Nama dalam bahasa pascal tidak bersifat case sensitive, artinya huruf besar dan kecil tidak dibedakan. Nama ‘jumlah’ dan ‘JUMLAH’ dan ‘Jumlah’ dianggap sama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: