INSTALLASI WIN XP DENGAN USB

Pengalaman ini bermula ketika penulis harus menginstall kembali laptop yang sellalu saya pergunakan untuk mengerjakan pekerjaan kantor maupun browsing internet. Optical driver yang ada pada laptop sudah tidak dapat membaca cd maupun dvd karena factor kualitas optcal drive yang tidak memuaskan.

Untuk dapat menginstall windows xp dari usb ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu, yaitu :

  1. Computer atau laptop yang ada optical drive
  2. Software yang digunakan untuk membuat bootable flashdisk yaitu USB_prep8 sama PeToUSB yang dapat anda cari di internet dengan bantuan google.
  3. Cd instalasi windows XP

Ok, tidak usah berlama-lama kita mulai langkah2 instalasinya…

Langkah yang pertama kita terlebih membuat bootable flashdisk di computer yang mempunyai optikal drive, flashdisk ini nantinya kita gunakan untuk usb booting ketika install win xp. Berikut langkah-langkah dalam membuat bootable flashdisk

  • tancapkan flashdisk yang akan dijadikan bootable flashdisk ke dalam port usb yang ada dikomputer, ingat baik-baik posisi drivernya apakah menjadi drive D:\, E:\ atau drive yang lain. Jangan lupa, flashdisk yang anda gunakan sebaiknya dikosongkan terlebih dahulu.
  • masukkan cd instalasi windows xp ke dalam optikal drivenya
  • extrak USB_prep8 dan PeToUSB ke dalam sebuah folder, contoh yang saya berikan disini adalah drive F:\BOOT USB
  • jalankan  file usb_prep8.bat yang di f:\boot usb\usb_prep8 sehingga dilayar akan muncul jendela command prompt berikut :tekan sembarang tombol di keyboard untuk melanjutkan.
  • 7-25-2009 5-52-53 AM

  • setelah menekan sembarang tombol, beberapa pilihan untuk membuat bootable flashdisk dengan installer windows xp. Pada tahap ini, Anda diminta untuk menformat flashdisk yang digunakan. Untuk menformat flashdisk yang akan kita gunakan sebagai bootable fd kita gunakan PeToUsb yang telah kita siapkan. Jalankan PeToUsb untuk menformatnya FD , atur format optionnya dengan mengaktifkan “enable disk format” (dengan memberi tanda centang). Kemudian format flashdisk yang akan digunakan.

7-25-2009 5-54-51 AM

  • setelah selesai menformat flashdisk, tutup kembali program PeToUSB. Kita kembali ke usb_prep8. pilih pilihan nomor 1 kemudian tekan enter untuk memilih source file installer windows xp-nya. selanjutnya akan muncul menu pilihan untuk memilih lokasi source file installer win xp, kita pilih drive yang terdapat cd installer win xp-nya.

7-25-2009 11-14-06 AM

  • setelah menentukan lokasi sumber file yang akan dikopi yaitu file-file installer win xp, berikutnya kita tentukan driver tujuan pengkopian file installer win xp-nya yaitu ke flashdisk. Jika flashdisk anda dibaca sebagai driver E maka tinggal ketik saja E kemudian tekan ENTER. Pada contoh yang saya berikan ini flashdisk dibaca sebagai drive U:

7-25-2009 11-17-50 AM

  • setelah memilih target flashdisk, kemudian langkah selanjutnya mengkopikan temporari yang berisi installer winxp ke flashdisk. pilih pilihan yang ke 4 untuk membuat paket installasi yang nantinya akan di kopikan ke flashdisk anda. Jika muncul opsi pilihan YES atau NO pilih aja opsi YES
  • setelah selesai pengkopian dari temporary flashdisk anda siap digunakan untuk menginstall win xp dari USB, jangan lupa atur urutan booting laptop atapun PC anda dari USB (jika ada fasilitas booting usb…)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: